Tips Wisata Kuliner Saat Liburan Biar Kantong Tak Jebol

Sewa Mobil Malang, Paket Wisata Bromo, Rental Mobil Malang

Anda pasti sepakat, traveling tanpa wisata kuliner tidak seru. Karena itu, tidak heran jika banyak pelancong alias traveler yang mengagendakan wisata kuliner dalam itinerary mereka.

Mencicipi makanan khas atau makanan lokal yang sedang hits di destinasi  traveling, adalah agenda wajib karena sulit menemukan makanan sejenis di di tempat asal traveler.  Namun berburu kuliner di tempat (wisata) yang baru dikenal,  ternyata bukan hal sederhana. Banyak hal yang bisa menjadi kendala untuk menemukan obyek kuliner sesuai tujuan.

 

Mulai dari ketidaktahuan tempat bersantap? Apa makanan khas setempat? Dan yang paling penting, apakah harganya juga pas dengan isi kantong Anda?

Bukan rahasia, biaya makan selama traveling adalah salah satu komponen terbesar di dalam pengeluaran. Karena itu, Anda mesti bisa mengatur pengeluaran baik-baik. Jangan sampai di tengah-tengah masa liburan, Anda justru kehabisan uang karena tidak memiliki kontrol yang baik ketika mengatur pengeluaran. Termasuk pengeluaran saat makan di berbagai restoran.

Jika hal seperti ini sampai terjadi, maka bukan hanya keuangan Anda yang akan terganggu, namun sisa waktu perjalanan Anda juga akan menjadi tidak menyenangkan lagi.

Nah,  agar suasana kegembiraan liburan tidak rusak karena gangguan semacam itu, berikut tips kulineran yang bisa Anda perhatikan saat traveling.

Cari Referensi Spot Kuliner

Sebelum berangkat, Anda sebaiknya sudah mencari referensi tempat-tempat wisata kuliner yang khas dan hits di daerah itu. Anda bisa melakukan pencarian melalui internet, majalah, televisi atau dengan bertanya kepada teman atau keluarga yang  paham daerah itu.

Tempat makan yang direkomendasikan dapat menjadi acuran bersantap selama Anda berwisata. Cari lokasinya secara persis agar tidak kebingungan saat sampai di destinasi.

Karena itu jangan lupa googling untuk mencari informasi seputar daerah tersebut. Mulai dari informasi soal tempat wisata yang akan Anda kunjungi? Sarana yang bisa dimanfaatkan? Pernah ada kejadian apa di sana? Apa yang mesti diwaspadai?

Terutama, juga soal makanan. Apa kuliner khas daerah itu? Bagaimana harganya? Di mana warung makan yang murah? Cari informasi selengkap-lengkapnya.

Tentukan Budget untuk Kuliner

Bukan rahasia, kita seringkali lupa mengerem pengeluaran ketika berwisata. Oleh karena itu, Anda harus menentukan budget untuk makan selama masa traveling. Mungkin tidak presisi, namun dengan perhitungan yang baik sejak awal, Anda akan terbantu dalam mengontrol keuangan selama traveling.

Atur budget makan dengan tepat, misalnya dengan menentukan budget harian atau budget setiap satu kali makan. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol pengeluaran setiap kali makan di sebuah restoran yang dikunjungi nanti.

Hindari makan tanpa perhitungan, jangan pilih menu makanan yang mahal karena akan segera menghabiskan dana liburan Anda.  Akan lebih bijak jika Anda memilih menu yang harganya terjangkau.

Atur Waktu Kuliner dengan Tepat

Anda mungkin berpikir,  menunda makan akan menghemat pengeluaran. Jangan salah, selain berisiko terhadap kesehatan, perilaku ini  justri bisa membuat kantong jebol. Mengapa? Karena kemungkinan Anda akan lebih banyak jajan dan ngemil berbagai makanan yang harganya belum tentu murah. Terutama jika membelinya di lokasi wisata yang sedang dikunjungi.

Atur jadwal dengan baik, termasuk jadwal makan selama melakukan travelling. Akan sangat baik jika memiliki jadwal makan yang efektif, di mana dapat memilih waktu yang tepat untuk mendatangi dan tiba di restoran murah terdekat. Cari informasi mengenai restoran murah tersebut sejak awal, sehingga dapat dengan mudah menemukan dan bersantap dengan tenang pada saat jam makan tiba.

Hal ini tentu akan mempermudah, terutama ketika berkunjung ke beberapa lokasi sekaligus, di mana jadwal tidak akan terganggu akibat urusan makan yang tidak teratur tersebut.

Jangan  Sembarangan Masuk Tempat Kuliner

Cari dan pilih restoran yang menawarkan harga murah dan ramah bagi kantong, namun tentunya dengan rasa yang tidak kalah sedap dari berbagai restoran mewah di luar sana.

Jangan Malu Tanya Harga

Bertanya tentang harga sebelum memutuskan untuk membeli, kadang  sering diremehkan oleh traveler saat baru pertama berlibur di sebuah destinasi. Anda mesti hati-hati. Penampilan tidak menjamin harga. Sebuah rumah makan yang sekilas terlihat sangat sederhana, belum tentu menyajikan harga murah meriah.

Karena itu, sebelum berwisata kuliner, jangan ragu—ragu untuk bertanya tentang harga. Anda pasti sering membaca di media sosial, postingan traveler yang marah-marah karena merasa ditipu atau dijebak oleh pemilik rumah makan dengan harga yang tidak masuk akal.

Begitu masuk ke sebuah rumah makan,  Anda mesti segera waspada jika tidak tersedia daftar menu lengkap dengan harga makanan yang dijual. Situasi seperti ini kadang-kadang merupakan modus oknum pedagang untuk memasang harga berlipat-lipat dari harga yang seharusnya.

Harga  tidak masuk akal itu baru ketahuan saat pengunjung selesai makan dan akan membayar. Inilah modus yang sering disebut menggetok.

Agar tidak berakhir kesal,  sangat bijak jika  Anda tanya harga sebelum memesan makanan. Jika harga yang diberikan terlalu mahal, Anda dapat berpindah ke tempat lainnya sehingga terhindar dari jebakan itu.

Lebih baik Anda mencari makan di luar area wisata, karena kebanyakan harganya masih masuk akal.

Pilih Tempat Kuliner yang Ramai

Ini sebenarya pakem umum, banyak orang  beranggapan tempat makan yang ramai menandakan cita rasa masakannya bisa dipercaya dan harganya sesuai dengan nilainya. Begitupun sebaliknya. rasa makanan yang enak, harga yang terjangkau atau karena pelayanannya yang memuaskan.

Maka, jika perut sudah minta diisi sedangkan Anda masih bingung mencari tempat, memilih tempat makan yang ramai bisa menjadi petunjuk yang tepat.

Pilih Kuliner yang Bersih

Namun begitu, Anda tidak boleh melupakan aspek aspek kebersihan. Pilihan tempat makan yang bersih dan higienis agar kesehatan Anda tetap terjaga. Kalau perlu, perhatikan bagaimana tampilan dan cara penyajian para penjual makanan yang hendak Anda cicipi.

Jika ragu-ragu atas suatu tempat, Anda dapat memilih minuman kemasan sebagai pendamping makanan Anda.  Kesehatan Anda jauh lebih penting saat berlibur.

Pilih Resto yang Sediakan Kuliner Khas

Mencicipi makanan khas merupakan salah satu hal yang sebaiknya dilakukan saat berwisata. Saat berwisata kita dapat mencoba, melihat, melakukan, dan mencicipi hal yang baru. Lalu apa salahnya untuk mencoba makanan khas yang hanya ada di daerah tempat wisata tersebut.

Namun  mencoba makanan yang belum pernah Anda kenal mungkin akan membingungkan Anda. Selain tidak tahu apakah makanan tersebut cocok atau tidak dengan lidah, Anda bahkan belum pernah mengenal nama atau rupa dari makanan yang ada di daftar menu.

Maka, jangan ragu untuk menyakan kepada pelayan, menu apa yang menjadi andalan atau favorit di restoran tersebut. Pada restoran yang berkelas, Anda dapat menemukan tanda recommended atau favorit pada daftar menu. Pilihan menu ini dapat dicoba agar tidak salah pilih.

Hindari Kuliner di Restoran Hotel

Selama masa travelling, ada baiknya Anda menghindari untuk makan di restoran hotel, mengingat harga makanan di sana kemungkinan akan jauh lebih mahal dari pada berbagai restoran lain di luar. Sebagian besar restoran yang berada di hotel mematok harga sangat tinggi untuk setiap makanan yang mereka jual di sana. Ingat kantong Anda.

Pilihan untuk makan di food street bisa dipertimbangkan, mengingat di tempat ini akan mudah menemukan berbagai menu makanan dengan harga sangat ramah bagi kantong. Tidak perlu malu, sebagian besar turis memang berkunjung ke tempat tersebut untuk menemukan berbagai menu makanan yang menarik untuk dicicipi.

Setiap negara, seperti Indonesia, memiliki jajanan pasar yang harga jauh lebih murah dibanding hidangan di hotel atau restoran besar. Sebelum pergi ke tempat tujuan, Anda harus sudah melakukan riset online tentang lokasi-lokasi yang kaya akan jajanan pasar. Lagipula, makanan di tempat  tongkrong setempat jauh lebih original dari segi rasa dan penyajian.

Manfaatkan Voucher Kuliner

Sebelum melakukan perjalanan, tidak ada salahnya untuk berburu voucher restoran terlebih dahulu. Bukan hanya potongan harga yang lumayan besar, dengan voucher ini Anda juga bisa menikmati berbagai menu menarik dengan harga yang sangat masuk akal.

Anda tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa menu lokal di tempat yang dikunjungi, bukan? Dengan menggunakan voucher restoran, Anda akan memiliki kesempatan untuk mencicipi makanan di restoran berkelas dengan harga yang cukup murah.

Selamat berkuliner!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *